Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal

          

IKAN LELE BAIK UNTUK OTAK DAN JANTUNG ANDA

Lele mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6,seperti salmon.Nutrisi tersebut terkenal manfaatnya untuk kesehatan jantung serta otak manusia.Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

TIRAM DAPAT BERUBAH KELAMIN

Tiram dapat berubah kelamin setiap 7 hari namun apabila hal tersebut dilakukan maka beresiko mengganggu.

LUMBA-LUMBA TIDAK PERNAH MINUM AIR SECARA LANGSUNG

Lumba-lumba mencukupi kebutuhan cairan tiap harinya dari makanan yang mereka makan saja? Jadi, lumba-lumba tidak pernah minum air secara langsung karena hal tersebut berpotensi membunuh mereka?

IKAN SARDEN DAN MAKAREL MENCEGAH KERUTAN

Ikan yang mengandung minyak seperti sarden dan makarel,memiliki asam lemak yang penting untuk membuat kulit ekstra lembab dan mencegah kerutan.

UMUR IKAN KOI HINGGA 200 TAHUN

Ternyata ikan koi bisa berumur jauh melebihi pemiliknya. Dari sekitar 30 jenis ikan koi yang ada, beberapa jenis yang mampu hidup hingga lebih dari 200 tahun. Ikan asal Tiongkok yang tertua di dunia konon mencapai 226 tahun. Ikan koi tersebut bernama Hanako dari Jepang yang mati pada 7 Juli 1977
 

PERAWATAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PELATIH

Proses mentoring para Pelatih Muda sedang membuat alat tangkap ikan purse seineBalai Diklat Perikanan Tegal sebagai institusi yang mempunyai Tupoksi melaksanakan kegiatan pelatihan dituntut untuk memiliki tenaga pelatih yang kompeten dan selalu mengikuti perkembangan teknologi khususnya bidang kelautan dan perikanan.

 

Terkait dengan hal tersebut, telah dan akan dilakukan beberapa kegiatan dalam rangka perawatan dan peningkatan kompetensi pelatih diantaranya adalah Program Mentoring  untuk pembuatan desain alat tangkap purse seine dan gillnet, program magang di ATMI untuk bidang mekanika dan elektronika, pembuatan karaginan di Badan Litbang, dan pelayanan prima di PT Indosat. Selain mengikuti berbgai dalam kegiatan, juga telah dikirim di Vietnam dalam bidang budidaya ikan. Sedangkan untuk pendidikan pendidikan formal telah dikirimkan seorang Widyaiswara untuk mengikuti Program S2 bidang kelautan di Universitas Indonesia.

Untuk itu pada tanggal 6 s.d. 15 Agustus 2012 telah dilaksanakan kegiatan mentoring (bidang penangkapan ikan yang diikuti oleh 5 orang pelatih muda bidang penangkapan ikan dengan materi design dan pembuatan alat tangkap ikan meliputi purse seine dan gillnet. Bertindak sebagai mentor adalah bapak Burhanuddin, S.Pi tenaga Widyaiswara yang telah memasuki masa purna tugas.

Dari kegiatan tersebut diharapkan ada tranfer ilmu pengetahuan dan teknologi dari tenaga pelatih yang purna tugas kepada tenaga pelatih muda yang potensial sehingga Balai Diklat Perikanan Tegal tetap mempunyai tenaga pelatih yang kompeten.

 

Lokasi BPPP Tegal

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com