Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal

          

IKAN LELE BAIK UNTUK OTAK DAN JANTUNG ANDA

Lele mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6,seperti salmon.Nutrisi tersebut terkenal manfaatnya untuk kesehatan jantung serta otak manusia.Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

TIRAM DAPAT BERUBAH KELAMIN

Tiram dapat berubah kelamin setiap 7 hari namun apabila hal tersebut dilakukan maka beresiko mengganggu.

LUMBA-LUMBA TIDAK PERNAH MINUM AIR SECARA LANGSUNG

Lumba-lumba mencukupi kebutuhan cairan tiap harinya dari makanan yang mereka makan saja? Jadi, lumba-lumba tidak pernah minum air secara langsung karena hal tersebut berpotensi membunuh mereka?

IKAN SARDEN DAN MAKAREL MENCEGAH KERUTAN

Ikan yang mengandung minyak seperti sarden dan makarel,memiliki asam lemak yang penting untuk membuat kulit ekstra lembab dan mencegah kerutan.

UMUR IKAN KOI HINGGA 200 TAHUN

Ternyata ikan koi bisa berumur jauh melebihi pemiliknya. Dari sekitar 30 jenis ikan koi yang ada, beberapa jenis yang mampu hidup hingga lebih dari 200 tahun. Ikan asal Tiongkok yang tertua di dunia konon mencapai 226 tahun. Ikan koi tersebut bernama Hanako dari Jepang yang mati pada 7 Juli 1977
 

PENYULUH PERIKANAN SIAP MENGHADAPI ELNINO YANG AKAN MELANDA DI INDONESIA

BPPP TEGAL (12/6) - Elnino merupakan penyimpangan (anomali) pada suhu permukaan  yang lebih tinggi daripada rata-rata normalnya gejala ini rupanya berdampak pada perairan laut di  Indonesia.  Air laut menjadi hangat dan berpotensi terjadi kemarau panjang.  Bagi masyarakat kebanyakan,  Elnino sangat merugikan karena  cuaca menjadi sangat panas akan tetapi bagi masyarakat petambak garam rakyat merupakan berkah karena dapat meningkatkan produktivitas garam.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP), Dr. Suseno Sukoyono, di Balai Diklat Perikanan Tegal  (Jum’at petang, 13/6) memberikan pencerahan kepada 30 Penyuluh Perikanan dan Pengelola Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) wilayah Kabupaten  Tegal, Brebes, Pemalang, dan Pekalongan.  Suseno mengatakan, bahwa penyuluh harus mempersiapkan diri untuk fokus menyentuh petambak garam untuk mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas garam rakyat dengan teknologi ulir yang di saat ini telah banyak dilatihkan oleh Drajat, Widyiswara BPPP Tegal.

Saat ini garam rakyat kualitasnya rata-rata masih rendah belum bisa memenuhi kualitas untuk kebutuhan industri dengan Teknologi Ulir Filter (TUF) dan geomembran akan dapat meningkatkan produksi sekaligus kualitas sehingga mencapai kadar NaCl lebih dari 96 persen.  Untuk dapat diterima sebagai bahan industri  garam selain kadar NaCl nya tinggi juga harus  bersih sehingga harganya menjadi tinggi. Metode pembuatan garam TUF dan geomembran ini dapat dipelajari di BPPP Tegal  karena ahlinya yang sudah mahir di lapangan bersama  petambak garam di Cirebon dan Indramayu.

Drajat, sebelum pertemuan dengan Kepala BPSDMKP, telah berbagi ilmu kepada 30 Penyuluh Perikanan.  Ia menyampaikan, “Pengusaha garam dari Sampang Madura Jawa Timur datang ke BPPP Tegal untuk belajar bagaimana meningkatkan kualitas garam dengan metode ulir dan geomembran karena di Madura rata-rata masih menerapkan pembuatan garam dengan metode konvensional.“ Dengan peningkatan kualitas garam melalui Teknologi TUF dan geomembran, selain meningkatkan produktivitas dan kualitas harga garam untuk bahan industri juga lebih tinggi yang dapat menambah penghasilan petambak garam, paparnya.

Sehari sebelumnya (Kamis, 12/6),  Dinas Perikanan Propinsi Jawa Barat di hotel Apita Hotel Cirebon juga mengundang Widyaiswara dari BPPP Tegal untuk  melatih petambak garam Jawa Barat agar dapat menerapkan pembuatan garam dengan Teknologi  Ulir  Filter (TUF) dan geomembran ini.

 

 

 

Lokasi BPPP Tegal

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com