BUDIDAYA SAYURAN DAN IKAN DENGAN SISTEM AQUAPONIK

  • Dilihat: 2208
  • 15 Okt

 

Budidaya ikan sistem akuaponik di Indonesia merupakan teknologi relative baru dan belum banyak diketahui oleh kalangan pembudidaya ikan. Teknologi budidaya ikan sistem akuaponik adalah gabungan dari budidaya ikan (akuakultur) dan budidaya tanaman sayuran hydroponic dalam satu kesatuan sistem,  khususnya yang memiliki keterbatasan lahan untuk mengoptimalkan produktifitas biota perairan. Akuaponik dapat dikembangkan pada lahan-lahan sempit dengan kebutuhan air yang relatif sedikit sehingga menjadi teknologi alternative dalam mengatasi tingkat kemiskinan di daerah padat penduduk dan masyarakat pedesaan.

Selengkapnya...

PEMBENTUKAN SPERMA PADA IKAN

  • Dilihat: 1901
  • 13 Agu

Keberhasilan suatu spesies ikan ditentukan oleh kemampuan ikan tersebut untuk bereproduksi dalam kondisi lingkungan yang berubah-ubah dan kemampuan untuk mempertahankan populasinya. Setiap spesies ikan mempunyai strategi reproduksi yang tersendiri sehingga dapat melakukan reproduksinya dengan sukses. Fungsi reproduksi pada ikan pada dasarnya merupakan bagian dari system reproduksi. Sistem reproduksi terdiri dari komponen kelenjar kelamin atau gonad, dimana pada ikan betina disebut ovarium sedang pada jantan disebut testis beserta salurannya. Pada kegiatan pembenihan kualitas sperma sangat menentukan keberhasilan dalam kegiatan pembuahan, sehingga sangat perlu diketahui pembentukan sprema dan tingkat kematangan sperma yang siap membuahi sel telur.

Selengkapnya...

RESPON IMUN PADA IKAN

  • Dilihat: 4336
  • 16 Apr

 

Respon Imun diartikan sebagai daya tahan relatif terhadap infeksi mikroba tertentu. Sejumlah faktor yang memodifikasi mekanisme kekebalan yaitu genetik, umur, lingkungan, anatomik dan fisiologik. Dalam kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh, imunitas adalah suatu keadaan sangat resisten terhadap organisme patogen tertentu. Ikan memiliki sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit, yaitu sistem pertahanan seluler dan sistem pertahanan humoral. Sistem pertahanan seluler bersifat non spesifik sedangkan sistem pertahanan humoral bersifat spesifik.

 

Selengkapnya...

PENURUNAN KUALITAS AIR KJA DI WADUK

  • Dilihat: 8584
  • 16 Feb

Waduk merupakan salah satu perairan yang memiliki potensi sumberdaya hayati. Keberadaan ekosistem waduk memberikan fungsi yang menguntungkan bagi kehidupan manusia, antara lain keperluan rumah tangga, industri, pertanian, dan perikanan. Fungsi penting waduk antara lain sebagai sumber plasma nutfah terutama jenis-jenis ikan dengan tingkat endemisitas yang tinggi, penyimpan air, kebutuhan air minum, irigasi, pendukung sarana transportasi, budidaya perikanan, pariwisata dan pembangkit listrik. Sifat perairan danau/waduk yang masih dianggap sebagai common property (milik bersama) dan open access (sifat terbuka) menyebabkan pertumbuhan KJA di berbagai tempat berkembang sangat pesat dan cenderung tidak terkontrol dan tak terkendali. Hal tersebut didukung dengan budidaya ikan berbasis pakan buatan (pelet) dimana aktivitas budidayanya menggunakan pemberian pakan hampir 70% dari proses produksinya. 

Selengkapnya...

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 98 tamu dan tidak ada anggota online