Sampah Plastik di Laut

  • Dilihat: 214
  • 24 Agu

Teknologi sudah sangat berkembang dan mempengaruhi cara hidup manusia saat ini. Teknologi telah menghasilkan sesuatu yang mampu membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Setiap produk teknologi memang memberikan pengaruh positif terhadap cara hidup manusia, namun juga telah berkontribusi memberikan pengaruh negative.

Salah satu produk teknologi yang berpengaruh besar baik secara positif maupun negative terhadap kehidupan manusia adalah plastik. Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an, menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005. Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60 kg/orang/tahun, di Amerika Serikat mencapai 80 kg/orang/tahun, sementara di India hanya 2 kg/orang/tahun (Wikipedia, 2017).

Selengkapnya...

8 Cara Agar Anak-Anak Tertarik Pada Konservasi

  • Dilihat: 146
  • 16 Feb

Di tangannya yang kecil, anak-anak memegang sesuatu yang special. Sebagai generasi masa depan yang memegang peranan penting dalam memilih dan menentukan kebijakan-kebijakan dunia, mereka memiliki kekuatan untuk membuat perubahan melalui konservasi laut.

Tidaklah terlalu dini untuk mengenalkan konservasi kepada anak-anak, dan inilah beberapa tips untuk mengenalkannya.

Selengkapnya...

INDONESIA MENUJU PEMBANGUNAN PERIKANAN BERKELANJUTAN

  • Dilihat: 5777
  • 02 Mar

Pembangunan perikanan berkelanjutan (sustainable Fisheries) sebagai aktivitas perikanan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga dapat berlangsung terus menerus pada tingkat yang wajar dengan mempertimbangkan kesehatan ekologi, meminimalkan efek samping yang mengganggu keanekaragaman, struktur, dan fungsi ekosistem, serta dikelola dan dioperasikan secara adil dan bertanggung jawab, sesuai dengan hukum dan peraturan lokal, nasional dan internasional untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang dan generasi masa depan.

Selengkapnya...

SUMBER PETAKA BERNAMA SAMPAH

  • Dilihat: 437
  • 11 Mar

Sampah masih menjadi masalah yang sangat serius bagi lingkungan, khususnya laut. Sampah yang sebagian besar dihasilkan dari sisa aktivitas manusia tidak tekelola dengan baik sehingga keberadaannya menyebar di berbagai tempat yang tidak semestinya berada disana. Berbagai jenis sampah dari yang berjenis organic (dapat terurai dengan bantuan alam dalam waktu singkat) maupun berjenis anorganik (tidak dapat dan hampir dapat terurai namun membutuhkan waktu yang sangat lama) saat ini banyak tersebar di lautan.

Selengkapnya...

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 69 tamu dan tidak ada anggota online