SUMBER PETAKA BERNAMA SAMPAH

  • Dilihat: 611
  • 11 Mar

Sampah masih menjadi masalah yang sangat serius bagi lingkungan, khususnya laut. Sampah yang sebagian besar dihasilkan dari sisa aktivitas manusia tidak tekelola dengan baik sehingga keberadaannya menyebar di berbagai tempat yang tidak semestinya berada disana. Berbagai jenis sampah dari yang berjenis organic (dapat terurai dengan bantuan alam dalam waktu singkat) maupun berjenis anorganik (tidak dapat dan hampir dapat terurai namun membutuhkan waktu yang sangat lama) saat ini banyak tersebar di lautan.

Masyarakat telah mengetahui bahwa sampah yang berada di perairan akan sangat merugikan mereka. Sampah akan mempengaruhi kualitas kesehatan manusia, satwa dan kehidupan lainnya yang berada di lingkungan yang terdapat sampah. Sampah akan sangat merugikan dari segi ekonomi bagi pariwisata. Pelaku industry wisata akan banyak kehilangan keuntungan mereka jika pengelolaan sampah tidak berjalan dengan semestinya. Sampah juga akan sangat berbahaya bagi jalur navigasi transportasi laut. Jenis sampah tertentu bisa merusak bagian-bagian penting dari kapal yang berakibat pada keselamatan awaknya.

Sampah yang kita lihat saat ini hanyalah sebagian kecil dari berbagai jenis sampah yang masuk ke lautan setiap harinya. Sampah seperti limbah industry (padat dan cair) jauh lebih berbahaya bagi lingkungan laut. Limbah akan sangat merusak ekosistem laut yang berdampak pada kepunahan spesies biota laut.

Kegiatan konservasi atau perlindungan dan pengelolaan mutlak diperlukan. Tidak untuk melarang dalam pemanfaatan sumberdaya, namun lebih pada mengatur dan mengelola sumberdaya sehingga ketersediaan sumberdaya alam yang dilindungi dapat memberikan manfaat bagi manusia dan alam secara berkelanjutan.

Jika kegiatan konservasi membutuhkan komitmen kelompok dan perencanaan yang sistematis, sebagai aksi awal kita bias memulai dari diri kita sendiri yang mulai menyadari bahwa sampah harus dikelola dengan baik. Hal terkecil yang bias kita lakukan adalah tidah membiarkan sampah berada di tempat yang tidak seharusnya. Kita harus bias menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Mulailah dari lingkungan sekitar kita.

Masyarakat di lain tempat telah banyak melakukan kegiatan sadar lingkungan di daerahnya masing-masing. Bahkan, ketika saya berkunjung ke salah satu pulau lokasi wisata terkenal, wisatawan luar negeri dengan sangat bersemangat melakukan aksi pungut sampah dengan berkeliling pulau. Jika mereka begitu peduli dengan lingkungan yang hanya mereka kunjungi dalam waktu singkat, kita seharusnya lebih peduli pada lingkungan yang hampir seumur hidup kita tinggali.

Sebagian besar hal, termasuk menjaga lingkungan, akan lebih baik jika dikerjakan secara bersama-sama. Mulailah untuk mengajak orang-orang di sekitar anda untuk lebih peduli pada lingkungan. Dengan begitu, lingkungan terjaga karena ada komitmen bersama untuk saling menjaga dan merawatnya. 

Alam telah memberikan apa yang kita butuhkan, sudah seharusnya kita menjaga dan merawatnya sehingga generasi mendatang dapat menikmati apa yang kita nikmati sekarang.

OLEH :

DENIS DENCIKTRA, S.S.T.Pi (Instruktur Pertama BPPP Tegal)

Comments  

0 #1 Victoria 2018-10-28 17:23
Hello. I see that you don't update your website too often.
I know that writing posts is boring and time consuming. But did you know
that there is a tool that allows you to create new articles using existing content (from article directories or other blogs from your
niche)? And it does it very well. The new posts are high quality and pass the copyscape test.
Search in google and try: miftolo's tools

my web blog; ElenaJuicy: https://FreyaBad.blogspot.com
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 117 tamu dan satu anggota online