8 Cara Agar Anak-Anak Tertarik Pada Konservasi

  • Dilihat: 252
  • 16 Feb

Di tangannya yang kecil, anak-anak memegang sesuatu yang special. Sebagai generasi masa depan yang memegang peranan penting dalam memilih dan menentukan kebijakan-kebijakan dunia, mereka memiliki kekuatan untuk membuat perubahan melalui konservasi laut.

Tidaklah terlalu dini untuk mengenalkan konservasi kepada anak-anak, dan inilah beberapa tips untuk mengenalkannya.

1. Praktekkan apa yang anda ajarkan

Anak-anak akan lebih belajar dari hal-hal yang dia praktekkan atau dia lakukan. Langkah pertama untuk mengenalkannya pada tanggung jawab lingkungan adalah menjadikannya seperti diri anda. Ketika anak-anak melihat apa yang anda lakukan, mereka akan mencoba mengikutimu. Mereka dapat cepat belajar.

2. Buatlah kerajinan yang menarik

Ada banyak bentuk kerajinan yang dapat anda buat terkait biota-biota laut. Anda dapat membuatnya dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti kain bekas atau kanvas dengan alasan konservasi. Biarkan mereka menuangkan imajinasi mereka sendiri pada karya seninya. Mereka akan menjadi sangat bangga dengan apa yang mereka buat dan alasan mengapa mereka membuatnya. Mereka akan menyampaikan ke teman-temannya bahwa tas jinjing yang mereka bawa adalah hasil karyanya dan berkontribusi terhadap pengurangan sampah plastik.

3. Dorongan rasa ingin tau dan eksplorasi

Kita tentu adalah alasan dari keingintahuan dan ketertarikan anak-anak terhadap dunia bawah air. Anak umur 8 tahun sudah dapat dikenalkan dengan kegiatan penyelaman melalui SCUBA. Tapi, meskipun anak-anak sudah dapat dikenalkan dengan kegiatan penyelaman, banyak cara yang bisa anda lakukan misalnya dengan buku, film, website , atau apapun yang dapat membuat mereka tertarik.

4. Kembangkan materi

Mempelajari dunia laut tidak melulu dengan menyuguhkan materi-materi yang membuatnya bosan. Ajak anak untuk memasak dan membuat makanan-makanan dengan bentuk yang unik. Bentuk makanan yang dapat anda ajarkan diantaranya adalah bentuk biota-biota laut seperti ikan dan lobster.

5. Hubungkan materi dengan kegiatan sehari-hari

Gunakan setiap kesempatan yang ada untuk mengajarkan pada anak-anak mengenai pentingnya keberlanjutan. Cobalah untuk mengajaknya berdiskusi mengenai keberlanjutan sumber makanan dari laut dari masakan seafood yang ia suka. Hal kecil ini akan berdampak besar pada pola pikirnya nanti.

6. Hilangkan kebosanan dengan permainan

Buatlah permainan diantara anda dan anak-anak. Misalnya dengan memancingnya untuk menyebutkan apa saja yang dapat menjadi musuh lingkungan ketika anda di restoran. Jangan lupa berikan hadiah jika ia berhasil.

7. Ajarkan berhenti menghasilkan sampah

Sudah sangat banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya. Ajarkan pada anak anda untuk menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan. Misalnya tidak menggunakan sedotan untuk minum.

8. Beri Dia tugas

Beri anak anda tugas yang membuatnya tertarik dan terlibat dalam konservasi. Misalnya dengan memberinya jadwal untuk kapan ia harus mematikan lampu rumah untuk menghemat energi.

 

 

 

Ditulis oleh :

DENIS DENCIKTRA, S.St.Pi (Instruktur BPPP Tegal)

 

Add comment


Security code
Refresh

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 134 tamu dan tidak ada anggota online