KAITAN ANTARA TEORI NILAI DAN ETIKA

  • Dilihat: 96
  • 12 Feb

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK SOSIAL

Manusia adalah makhluk sosial yang saling perlu dan memerlukan antara satu sama lain. Sejak dilahirkan sehingga akhir hayat, memberi dan menerima pertolongan merupakan dua amalan yang biasa bagi seorang manusia yang normal. Semasa masih bayi lagi, seseorang memerlukan pertolongan daripada orang sekeliling untuk menerus dan memenuhi kehendak-kehendak asas seperti makan, minum dan seumpamanya. Oleh itu, menolong dan ditolongi merupakan fitrah semula jadi yang ada dalam diri setiap manusia. Budaya ikram atau budaya saling tolong menolong juga merupakan amalan yang mulia yang boleh mewujudkan keharmonian dalam sesebuah masyarakat.

Selengkapnya...

PREFERENSI NELAYAN KOTA TEGAL TERHADAP PILIHAN JENIS BANTUAN PEMERINTAH

  • Dilihat: 66
  • 21 Okt

Kota Tegal adalah sebuah kota di pantai utara jawa, dengan luas l39.68 km2  dengan panjang pantai Kota Tegal kurang lebih 10.5 km. Wilayah Kota Tegal secara administrasi terbagi menjadi 4 Kecamatan dengan 27 Kelurahan. Kota Tegal memiliki garis pantai sekitar 10,2 km. Sebagai sebuah wilayah yang berbasis masyarakat pesisir,maka menurut Kusumastanto (2003) sektor bidang kelautan yang dikembangkan dan didefinisikansebagai sektor yang meliputi: (1) perikanan, (2) pariwisata bahari, (3) pertambangan laut, (4) industri maritim, (5) perhubungan laut, (6) bangunan kelautan,dan (7) jasa kelautan, dapat dijadikan arus utama(mainstream) dalam kebijakan pembangunannya.

Selengkapnya...

PENERAPAN RISK MANAGEMENT NELAYAN KOTA TEGAL

  • Dilihat: 45
  • 16 Jul

 

Pendahuluan

Menurut Irham Fahmi (2010:2), Manajemen Risiko adalah suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komperhensif dan sistematis.

Risiko merupakan kemungkinan kejadian yang berpotensi merugikan atau suatu keadaan yang tidak pasti yang dihadapi seseorang atau perusahaan dan dapat memberikan dampak yang merugikan (Kountur, 2006; Purwitasari, 2011). Menurut Darmawi (2006), risiko adalah penyebaran hasil aktual dari hasil yang diharapkan. Ada tiga unsur penting dari sesuatu yang dianggap sebagai risiko yaitu merupakan suatu kejadian, yang mengandung kemungkinan, dan jika terjadi akan mengakibatkan kerugian.

Selengkapnya...

GAYA KEPEMIMPINAN SUPPORTING LEADER BANGUN PERILAKU BUDAYA KERJA

  • Dilihat: 42
  • 10 Mei

Kepemimpinan menggambarkan hubungan antara pemimpin (leader) dengan yang di pimpin (follower) dan bagaimana seorang pemimpin mengarahkan follower akan menentukan sejauh mana follower mencapai tujuan atau harapan pimpinan. Pemimpin mengembangkan dan mengarahkan potensi dan kemampuan bawahan untuk mencapai motivasi kerjanya bahkan melampaui tujuan organisasi. Untuk itu gaya kepemimpinan dalam perusahaan merupakan hal penting dalam sebuah era organisasi modern dalam pelaksanaan kerja dan kepemimpinan perusahaan. Akibat yang mungkin timbul dari adanya gaya kepemimpinan yang buruk atau kepemimpinan yang lebih berorientasi kepada tugas dibandingkan dengan karyawan adalah penurunan motivasi kerja dikalangan karyawan.

Selengkapnya...

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 68 tamu dan tidak ada anggota online