STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK PERIKANAN MENUJU PASAR BEBAS ASEAN

  • Dilihat: 3674
  • 15 Mei

Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya; kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan tekonologi, dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukannya.  

Pertumbuhan ekonomi memiliki tiga komponen. pertama, pertumbuhan ekonomi suatu bangsa terlihat dari meningkatnya secara terus-menerus persediaan barang; kedua, teknologi maju merupakan faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajad pertumbuhan kemampuan dalam penyediaan aneka macam barang kepada penduduk; ketiga, penggunaan teknologi secara luas dan efisien memerlukan adanya penyesuaian di bidang kelembagaan dan ideologi sehingga inovasi yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan ummat manusia dapat dimanfaatkan secara tepat. 

Pada tahun 1960-an kondisi perekonomian Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea dan China tidak jauh berbeda, namun pada tahun 2013 terdapat kesenjangan pendapatan per kapita yang tinggi antar negara tersebut. Saat ini, untuk wilayah ASEAN, Indonesia memiliki potensi wilayah dan jumlah produksi perikanan terutama perikanan budidaya yang cukup baik. Dari data yang dirilis Organisasi Pangan Dunia-FAO, Indonesia berada di peringkat  paling baik dibandingkan Vietnam, Thailand, Filipina dan Malaysia. Namun demikian, Indonesia tidak boleh terlena meski bisa dipastikan akan ada peningkatan permintaan di sektor ini. Sementara itu, peningkatan jumlah penduduk di kawasan ASEAN pun  nantinya  akan menjadi pemicu peningkatan permintaan hasil produksi perikanan. Indonesia harus memanfaatkan peluang pasar yang besar ini  dengan meningkatkan kemampuan hasil produksinya agar bisa bersaing di pasar ASEAN. Tantangan terbesar adalah adanya kesamaan komoditas yang dikembangkan dan diekspor oleh sesama Negara anggota ASEAN.

Strategi Peningkatan Daya saing produk perikanan Indonesia menuju pasar Bebas ASEAN 

Perikanan merupakan sektor yang dapat menyediakan sumber pangan khususnya protein yang relatif lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia, namun demikian ketersediaan dan tingkat konsumsinya berkembang lambat. Ekspor produk perikanan Indonesia memberikan kontribusi yang penting bagi penerimaan devisa serta mendorong peningkatan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan maupun, perusahaan perikanan. Pengembangan produk perikanan yang dapat memberikan nilai tambah terkendala dengan kemampuan aplikasi teknologi dan standardisasi kurang dikembangkan secara konsisten. Berbagai ketentuan internasional dalam pengelolaan sumberdaya perikanan maupun perdagangan produk perikanan internasional telah ditetapkan sehingga Indonesia perlu menyikapi secara cermat perubahan lingkungan eksternal tersebut dan mengambil tindakan nyata yang dapat mendukung kemampuan perikanan nasional dalam percaturan perdagangan internasional.

Keadaan tersebut tidak hanya mengakibatkan keterbatasan kemampuan Indonesia menyediakan pangan yang berasal dari ikan bagi masyarakat Indonesia maupun kemampuan daya saing produk ekspor perikanan Indonesia di pasar global. Daya saing merupakan kemampuan menghasilkan produk barang dan jasa yang memenuhi pengujian internasional, dan dalam saat bersamaan juga dapat memelihara tingkat pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan, atau kemampuan daerah menghasilkan tingkat pendapatan dan kesempatan kerja yang tinggi dengan tetap terbuka terhadap persaingan eksternal. 

Salah satu kunci meningkatkan daya saing tersebut adalah dengan mendorong laju inovasi sebuah perusahaan agar bisa bersaing, baik di tingkat lokal, nasional, dan lingkungan global. Inovasi bukanlah sesuatu yang sederhana dan juga bukan suatu resep mujarab yang bisa diperoleh dengan mudah oleh setiap usaha yang mempunyai penyakit dengan gejala yang sama yaitu rendahnya daya saing.  Ada tiga macam nilai utama yang harus bisa dipenuhi oleh produsen suatu produk untuk dapat meningkatkan daya saingnya adalah :

1. Operational excellence

merupakan suatu nilai dimana produsen harus selalu menjaga efisiensi dan meningkatkan kualitas dari system / proses penghasil produk maupun system pelayanan yang diberikan untuk senantiasa dapat memuaskan konsumen.

2. Customer Intimacy

Merupakan suatu nilai dimana produsen harus dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Suatu produk yang baik tidak hanya sekedar dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dasar dari konsumen tapi sebaiknya juga dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan yang mendalam dari konsumen.

3. Product Leadership

Merupakan nilai yang harus dianut produsen dengan mendasarkan pada keunggulan untuk terus menerus melakukan inovasi pada produk maupun jasa yang dihasilkan sehingga dapat selalu menjadi leader dalam industrinya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas produk perikanan Indonesia agar dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain :

Pertama, konsisten menjaga kualitas produk. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Menghadapi gempuran produk impor dari negara tetangga yang popularitasnya cukup diperhitungkan oleh kalangan masyarakat kita, Indonesia tak perlu “ciut nyali” asalkan tetap konsisten menjaga kualitas produk yang mereka pasarkan. Buatlah standar operasional prosedur (SOP) yang jelas dalam setiap proses produksi, agar barang-barang yang Anda pasarkan memiliki kualitas atau standar mutu yang terjamin.

Kedua, tambahkan daya saing produk perikanan melalui packaging produk yang menarik. Seperti kita ketahui bersama, sampai saat ini packaging produk menjadi salah satu faktor pendorong bagi para calon konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Karenanya selain menjaga kualitas produk, hal lain yang perlu diperhatikan para pelaku usaha perikanan adalah mendesain packaging yang menarik, serta mencantumkan logo dan nama produk di setiap kemasan produk.

Ketiga, berani bersaing dari segi harga. Salah satu keunggulan produk China di pasar dunia yaitu harga jualnya terkenal lebih murah dibandingkan produk-produk dari negara lainnya. Langkah ini bisa kita contoh/tiru, dengan cara membuat biaya produksi seefisien mungkin agar harga jual produk bisa lebih murah dibandingkan produk serupa di pasar bebas ASEAN.

Keempat, menjaga loyalitas konsumen. Memiliki banyak pelanggan setia menjadi kunci utama kesuksesan untuk menghadapi persaingan pasar bebas 2015. Ketika konsumen memiliki loyalitas yang cukup tinggi terhadap produk-produk yang Anda pasarkan, maka sebagai pelaku usaha tak perlu khawatir ditinggalkan konsumen ketika produk-produk dari negara tetangga mulai berdatangan ke Indonesia.

Kelima, Meningkatkan produksi dan daya saing produk perikanan yang harus diikuti dengan standar kualitas produk sekaligus peningkatan efisiensi usaha perikanan. Kualitas produk perikanan budidaya hanya dapat dijaga melalui sistem pengawasan yang efektif dan efisiensi usaha budidaya hanya dapat diperoleh melalui integrasi usaha yang dapat dilakukan melalui pembentukan kelompok budidaya yang kuat, penerapkan sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) maupun Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) yang saat ini mampu menjaga kualitas produk budidaya baik benih maupun konsumsi.

Keenam, Penyesuaian, persiapan dan perbaikan regulasi baik secara kolektif maupun individual (reformasi regulasi). Dalam hal ini diperlukan perhatian yang serius dari pemerintah dalam hal regulasi, hal ini dilakukan dalam upaya untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. Pemerintah juga harus dapat menjadi Penyedia kelembagaan dan permodalan yang mudah diakses oleh pelaku usaha perikanan dari berbagai skala. Namun hal yang tidak kalah penting adalah Perbaikan dukungan infrastruktur, transportasi atau logistik, perangkat hukum, penyediaan energi, dan pengembangan industri terpadu.

DAFTAR PUSTAKA

Aditya himawan, 2016, ini 7 langkah tingkatkan daya saing perikanan ASEAN, http://www.suara.com/bisnis/2016/11/29/142216/, diakses 21 Februari 2017.

Jabat Kaban, ST, 2014. Meningkatkan daya saing UMKM Jelang Pasar Bebas 2015. diakses dari http://bisnisukm.com/meningkatkan-daya-saing-ukm-jelang-pasar-bebas-2015.html, pada tanggal 21 Februari 2017.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Masagus M. Ridwan,dkk.2015. Analisis Daya Saing Industri Nasional di Era Masyarakat        Ekonomi ASEAN dan Perdagangan Bebas. Diakses dari http://www.bi.go.id/id/publikasi/wp/Documents/Analisis-Daya-Saing-dan-Strategi-Industri-Nasional-diEra-Masyarakat-Ekonomi-ASEAN-dan-Perdagangan-Bebas.pdf. pada tanggal  20 Februari 2017.

Nurul. 2014. Peningkatan Daya Saing Perikanan Budidaya Indonesia Tahun 2015. Diakses dari http://id.voi.co.id/voi-komentar/6122-peningkatan-daya-saing-perikanan-budidaya-indonesia-di-mea-2015 pada tanggal 21 Februari 2017.

Prajogo U. Hadi, 2004. Analisis Komparasi Daya Saing Produk Ekspor Antar Negara ASEAN dalam era perdagangan Bebas AFTA. Jurnal Agro Ekonomi, Volume 22 No. 1, Mei 2004 : 46 – 73.

Subhechanis Saptanto, 2011. Daya Saing Ekspor Produk Perikanan Indonesia dilingkup ASEAN.  Jurnal Sosek KP Vol. 6 No. 1 Tahun 2011. Diakses tanggal 20 Februari 2017.

Tarigan, Robinson, 2005. Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

 

DITULIS OLEH :

ADE YUNAIFAH A, SE (Widyaiswara BPPP Tegal)

 

Comments  

0 #22 JosaBoR 2019-07-01 01:43
PUBG
Quote
0 #21 aecotufudopm 2019-03-01 00:58
http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Buy Amoxicillin Online Amoxicillin Without Prescription http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
Quote
0 #20 osihuhog 2019-03-01 00:20
http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Buy Amoxicillin Buy Amoxicillin Online http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
Quote
0 #19 axavodod 2019-02-28 23:42
http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxil Buy Amoxicillin http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
Quote
0 #18 ucijubetgo 2019-02-28 23:02
http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Without Prescription Amoxicillin http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/
Quote
0 #17 Charmain 2018-12-11 02:02
Hello. I have checked your bppp-tegal.com and i see you've got some duplicate content so probably
it is the reason that you don't rank hi in google. But
you can fix this issue fast. There is a tool that generates articles like human, just search in google:
miftolo's tools

Here is my weblog :: BritneyBig: https://AndersonSick.wix.com
Quote
0 #16 Eden 2018-12-11 01:37
Hi. I have checked your bppp-tegal.com and i see you've got some duplicate content so probably it is
the reason that you don't rank high in google. But you
can fix this issue fast. There is a tool that rewrites articles like
human, just search in google: miftolo's tools

my web blog - AdamBig: https://AlejandrinaBad.wix.com
Quote
0 #15 Darren 2018-11-11 11:40
I have noticed you don't monetize your website, don't waste your
traffic, you can earn additional cash every month. You can use the best adsense alternative for any type of
website (they approve all websites), for more info simply search in gooogle: boorfe's tips monetize your website

Feel free to visit my homepage :: BestErin: https://MightyKelli.blogspot.co.uk
Quote
0 #14 eahucumez 2018-02-21 16:43
http://levitra-20mg-priceof.online/ - levitra-20mg-priceof.online.ankor pricespharmacy-canadian.online.ankor http://buy-amoxicillin-amoxil.online/
Quote
0 #13 gorenifeponij 2018-02-21 16:35
http://levitra-20mg-priceof.online/ - levitra-20mg-priceof.online.ankor pricespharmacy-canadian.online.ankor http://buy-amoxicillin-amoxil.online/
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 152 tamu dan tidak ada anggota online