SIKLUS REFRIGERASI SISTEM KOMPRESI

  • Diterbitkan: Kamis, 03 Juli 2014 03:41
  • Dilihat: 2141
  • 31 Des

Refrigerasi sistem kompresi saat ini banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga dan skala industri. Performa yang baik dari sistem ini menjadi pertimbangan dibandingkan dengan refrigerasi sistem absorpsi. Sama dengan sistem absorbsi, sistem kompresi memanfaatkan penguapan refrigerant untuk menyerap panas pada benda yang didinginkan. Dalam suatu rangkaian tertutup refrigerant diperlakukan dalam berbagai perlakuan secara berulang-ulang sehingga mampu menyerap panas dari benda yang didinginkan. 

Selengkapnya...

PENGETAHUAN TENTANG REFRIGERASI

  • Diterbitkan: Kamis, 03 Juli 2014 03:40
  • Dilihat: 1599
  • 31 Des

Secara umum refrigerasi adalah proses perpindahan panas. Lebih spesifik lagi refrigerasi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang proses penurunan dan pengaturan suhu ruangan atau benda dibawah suhu normal (pendinginan). Supaya hal tersebut terlaksana maka panas pada benda yang didinginkan harus dipindahkan ke benda lainnya yang mempunyai suhu lebih rendah dari benda yang didinginkan. Panas akan ditransfer ke benda lainnya bila terdapat perbedaan suhu. Perpindahan panas berlangsung dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Proses perpindahan panas akan berhenti bila sudah tidak terdapat perbedaan suhu antara kedua benda tersebut. 

Selengkapnya...

PROSES KOMPRESI UAP

  • Diterbitkan: Kamis, 03 Juli 2014 03:40
  • Dilihat: 2040
  • 31 Des

Proses Kompresi

Kompresor mesin pendingin dengan rpm yang tinggi mengkompresi uap refrigerant dengan sangat cepat. Refrigerant bersinggungan dengan dinding silinder kompresor dalam waktu sangat singkat. Karena waktu kompresi dan singgungan dengan dinding silinder yang sangat singkat maka perbedaan suhu antara uap refrigerant dengan dinding silinder sangat kecil, bisa diasumsikan bahwa perpindahan dari refrigerant atau ke dinding silinder bisa diabaikan. Oleh karena itu proses kompresi pada sistem kompresi uap terjadi dengan proses adiabatik (tidak ada panas yang masuk atau keluar). Walaupun tidak terjadi perpindahan panas diantara keduanya selama proses kompresi, suhu dan enthalpy uap refrigerant bertambah karena mendapat energi mekanik dari piston. Walaupun uap yang dikompresi didinginkan, energi kinetik dari refrigerant akan bertambah sebanding dengan besarnya energi mekanik yang dihasilkan oleh piston. Energi yang dihasilkan disebut dengan panas kompresi. Energi yang dihasilkan oleh kerja mekanik piston ditransfer ke uap refrigerant selama proses kompresi. 

Selengkapnya...

PENGETAHUAN TENTANG PANAS

  • Diterbitkan: Kamis, 03 Juli 2014 03:39
  • Dilihat: 1217
  • 31 Des

Panas berbeda dengan suhu. Panas adalah salah satu bentuk energi. Panas dapat dirubah bentuknya menjadi bentuk energi lain atau sebaliknya energi lain dapat dirubah menjadi energi panas. Kapan suatu energi disebut dengan energi panas? Istilah populer energi panas adalah energi internal suatu molekul. Tetapi menurut konsep thermodinamika heat (panas) adalah perpindahan energi dari satu benda ke benda lain karena perbedaan suhu kedua benda tersebut. 

Selengkapnya...

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 16 tamu dan tidak ada anggota online