DINAS PERIKANAN KAB. MAPPI, DORONG PEREKOMONIAN NELAYAN KABUPATEN MAPPI

BPPP TEGAL (6/9) - Dinas Perikanan Kabupaten MAPPI Provinsi Papua mendorong perekenomian nelayan Kabupaten MAPPI dengan mengirimkan 20 nelayannya ke BPPP Tegal untuk berlatih penangkapan ikan. Para nelayan tersebut akan berlatih teknis Pembuatan dan Pengoperasian Alat Penangkap Ikan jaring Insang Gillnet Millenium di BPPP Tegal selama enam hari.

Dalam pembukaan pelatihan, hadir Kepala BPPP Tegal (Moch. Muchlisin, A.Pi), Kepala Bidang Pengelolaan Budidaya Ikan Dinas Perikanan Kab. MAPPI (Sunyoto, SST), Kepala Seksi Program dan Monev (Dedi Hertono, S.St.PI) dan sejumlah staf Dinas Perikanan Kab. MAPPI.

Kepala BPPP Tegal mengatakan, "Tujuan nelayan berlatih di BPPP Tegal yaitu berlatih tentang teknis menangkap ikan dengan gillnet minllenium, sehingga setelah selesai pelatihan dapat diterapkan di Kabupaten MAPPI." Ia menambahkan, selain mendapat ilmu tentang teknis penangkapan, selama di BPP Tegal diharapkan para nelayan dapat menambah wawasan dan pengalaman sehingga dapat menambah perekonomian.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Sunyoto menyampaikan, gunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya selama di BPPP Tegal. Menimba ilmu sebanyak-banyaknya agar masyarakat kita menjadi pintar."

Setelah memberikan sambutan, dilakukan penandatangan MOU (kontrak Kerjasama) antara BPPP Tegal dengan Dinas Perikanan Kabupaten MAPPI.

Kabupaten Mappi merupakan salah satu Kabupaten baru yang baru dimekarkan dari Kabupaten induk Merauke bersama 14 Kabupaten lainnya di seluruh Tanah Papua berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2002 . 

Kegiatan ekonomi daerah ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat yang sejak dulu suka berburu, berkebun dan hidup berpindah-pindah. Potensi ekonomi yang nyata bagi masyarakat adalah mencari kayu gaharu sampai ke pedalaman hutan. Kayu gaharu dari Distrik Assue terkenal karena kualitasnya. Potensi gaharu terpusat di Distrik Assue, Senggo, Citak Matak sampai di Kabupaten Asmat. Sumber daya hutan yang bisa diambil manfaatnya selain kayu gaharu adalah kulit gambir dan kayu-kayu jenis uli, meranti, linggua dan bus.

Hasil laut dan perairan daratan juga menjadi pilihan penduduk. Secara umum, lapangan pekerjaan yang berperan besar terhadap kehidupan penduduk Mappi adalah sektor kehutanan dan perikanan.

Add comment


Security code
Refresh

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 91 tamu dan 3  anggota online